Senin, 07 September 2009

Adab Sesama Muslim

dari http://www.hang106.or.id/

Seorang muslim yang ta’at kepada Allah Ta’ala meyakini bahwa saudara seagamanya mempunyai hak - hak dan etika - etika yang harus diterapkan terhadapnya, sehingga ia melaksanakannya, sebab ia berkeyakinan bahwa itu termasuk Ibadah kepada Allah.

Oleh karena itu menunaikan hak - hak itu adalah salah satu bentuk keta’atan kepada Allah Ta’ala, Adapun etika – etika itu diantaranya :

1.Mengucapkan salam.

Hendaknya mengucapkan salam jika ia bertemu dengannya sebelum ia berbicara dengannya dan berjabat tangannya serta menjawab salamnya.

Allah Ta’ala berfirman: “ Apabila kamu diberi salam dengan ucapan salam maka balaslah salam itu, dengan yang lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa) “ QS An Nisa’ 86.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wassalam bersabda:” Tidaklah dua orang muslim bertemu lalu keduanya berjabat tangan melainkan keduanya diampuni sebelum keduanya berpisah”
HR Abu Daud, Ibnu Majah dan Tirmidzi..

2.Menjenguk orang sakit.

Hendaknya seorang muslim menjenguk saudaranya sesama muslim jika dia sakit dan mendo’akan kesembuhan untuknya.
Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wassalam bersabda:” Barangsiapa yang menjenguk orang sakit maka dia senantiasa bagaikan di taman-taman surga hingga dia kembali”
HR Muslim dan Tirmidzi.
Dan mendo’akannya sebagaimana yang diajarkan oleh
Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wassalam, dan salah satunya berdo’a”
Laa Ba’sa Thohur Insya Allah “ HR Bukhary.

3.Mengantar Jenazah.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wassalam bersabda : “ Tidaklah seorang mu’min yang berta’ziyah pada saudaranya yang terkena musibah melainkan Allah berikan pakaian kemuliaan pada hari kiamat “ HR Ibnu Majah dengan sanad Jayyid.

4.Memenuhi Undangan.

Yaitu memenuhi undangan saudara kita bila kita diundangnya seperti Undangan Walimah, Aqiqah dan lainnya. Sebagaimana sabdanya Shalallahu ‘Alaihi wassalam : “ Hak Muslim atas muslim lainnya : Menjawab salam, Menjenguk orang sakit, Mengantar jenazah, Menjawab bersin dan Memenuhi undangan” Muttafaqun Alaihi

5.Mendo’akannya ketika bersin.
Sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wassalam:” Jika salah seorang kalian bersin, maka hendaklah ia berkata “Alhamdulillah “ dan hendaknya saudaranya mengatakan padanya “Yarhamukallah “, Dan apabila saudaranya telah mengatakan “ Yarhamukallah “ maka orang yang bersin katakanlah” Yahdikumullah “ HR Bukhari.

6.Menasihatinya apabila ia meminta nasihat.

Hendaknya kita menasihati saudara kita, bila ia meminta nasihat pada kita, sebagaimana Sabdanya Shalallahu ‘Alaihi wassalam : ” Jika salah seorang diantara kalian meminta nasihat pada saudaranya hendaklah saudaranya tersebut memberinya nasihat “ HR Bukhari.

7.Mencintainya sebagaimana ia mencintai dirinya.

Sebagaimana Sabdanya Shalallahu ‘Alaihi wassalam :
“ Perumpamaan kaum mukminin dalam kecintaan mereka, kasih sayang mereka dan keakraban mereka seperti satu badan. Jika salah satu anggota badan sakit maka seluruh anggota badannya juga merasakan hingga tidak bisa tidur dan demam.” Muttafaqun Alaihi.

8.Tidak mendiamkannya lebih dari tiga hari.

Sebagaimana sabdanya Shalallahu ‘Alaihi wassalam: “ Tidak halal bagi seorang muslim mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari, keduanya bertemu, salah satunya berpaling dan orang satunya berpaling. Orang terbaik diantara mereka ialah orang yang memulai salam” Muttafaqun Alaihi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.